Membuat Animasi
Software :
- Cool Edit
- Adobe Photoshop CS
- SWiSMax Pembuatan animasi menggunakan swishmax memang mudah terutama dalam hal efek
mengefek karena udah disediain,, tapi untuk animasi yang menggunakan suara di
time linenya gak ditampil grafik suaranya kayak yang ada di flash.. makanya
sedikit sulit untuk ngepasin lagu dengan animasinya.
Disini sudah saya coba untuk ngejelasin secara tahapan.. tapi gak sadar animasi
yang dibuat udah terlalu banyak so ya.. capek juga… Kesimpulannya saya minta maaf banget gak bisa sampe rinci bener..
Ups.. tapi gak usah kecewa, file projeknya udah dilampirin kok beserta softwere
swishmax yang bajakannya.. tapi mesti di instal dulu program SWishmaxnya..
Langkah pembuatan
1. Editing Musik
2. Menentukan Scene
3. Mengedit objek gambar
4. Membuat animasi
A. Editing Musik
Lagu yang di edit : BIP-Bintang Hidup
lagu di edit sesuai kebutuhan, tujuannya agar animasi yang dibuat tidak terlalu
panjang
Lagu dipotong pada bagian bagian tertentu sehingga durasi menjadi
2 menit 53 detik
Softwere yang digunakan adalah Cool Edit Pro 2.0
B. Menentukan Scene
Scene yang tentukan disesuaikan dengan lirik yang ada pada lagu untuk menginspirasikan
animasi yang akan dibuat.
Terdapat 9 scene yang telah ditentukan, yaitu :
1. Opening [0.00 -0.24]
2. [0.25 - 0.47] “….tentang cerita .. “
3. [0.48 - 1.00]“… jadi Inspirasiku.., .. smangat hidupku…”
4. [1.00 -1.06] “.. dikala ku sedih ..”
5. [1.07 - 1.13] “…sampai mati tetap setia..”
6. [1.14 - 1.50] “…Kau bintang…, menunggumu..”
7. [1.51 – 2.02] ”…selalu berdiri dibelakang…”
8. [2.03 – 2.16] “ … dikala dipuja dan dihina…”
9. [2.17 - 2.53] “.. kau tetap bintang..” + ending
Objek gambar didapat dari beberapa gambar yang telah di pilih kemudian diedit
menggunakan Adobe Photoshop CS untuk diambil objeknya saja.
Disimpan dalam format GIF transparan agar background tidak tampak pada saat
digerakkan dalam SWiShMax
Scene 1
Efek yang ditampilkan seperti kaca pembeser dengan menggunakan mask pada sprite
zoom
Scene 2
Dengan menggunakan effect move gambar objek seorang wanita digeser
kekanan, sehingga seolah-olah berjalan
Scene 3
Gambar ini sebenarnya tidak terlalu terang, setelah diberi layer putih dengan
nilai alfa yang berubah dari 0% sampai 35 % maka akan tampil effect cahaya bulan
merambat secara perlahan
Scene 4
Objek ditarik dari bawak ke atas dan sekalanya sedikit diperbesar, effect seolah-olah
berjalan maju
Scene5
Gambar yang laki-laki di tampilkan pake effek fade in
Scene 6
Wah.. yang ini panjang banget… Sorry ya.. liat aja file proyeknya
Scene 7
Liat dong ada rumput ijo yang pali depan.. itu digeser dikit ke kiri dan objek
yang lain kearah kanan kecuali gambar ceweknya, maka akan tampil seolah-olah
bergerak 3 dimensi lebih keren lagi kalo ada pohon,sayang pohonnya dah ditebang
sema pembalak liar
Scene 8
Ada objek daun yang seolah-olah bertebaran dari kanan ke kiri.. ini
sih pake effek move biasa
Kalo ini pake efek yang udah dikasih sama swishmax, namanya Wild Turn In
Scene 9
Nah.. dibagian ini yang paling agak sedikit lumayan cape.
Masalahnya bintang dibuat satu per satu, gak pake script kode untuk merandom tampilan bintang.
Sederhana aja,, tapi lumayan..
Satu-satu bintang digeser pake efek move sampai pantas disebut tulisan “The end”
Yang disini sama aja kayak yang di atas tapi tulisannya “SI 2005 NADT” Nadt itu symbol aja kalo animasinya asli buatan
Download PDF
Download file SWI
Download file SWf
Software :
- Cool Edit
- Adobe Photoshop CS
- SWiSMax Pembuatan animasi menggunakan swishmax memang mudah terutama dalam hal efek
mengefek karena udah disediain,, tapi untuk animasi yang menggunakan suara di
time linenya gak ditampil grafik suaranya kayak yang ada di flash.. makanya
sedikit sulit untuk ngepasin lagu dengan animasinya.
Disini sudah saya coba untuk ngejelasin secara tahapan.. tapi gak sadar animasi
yang dibuat udah terlalu banyak so ya.. capek juga… Kesimpulannya saya minta maaf banget gak bisa sampe rinci bener..
Ups.. tapi gak usah kecewa, file projeknya udah dilampirin kok beserta softwere
swishmax yang bajakannya.. tapi mesti di instal dulu program SWishmaxnya..
Langkah pembuatan
1. Editing Musik
2. Menentukan Scene
3. Mengedit objek gambar
4. Membuat animasi
A. Editing Musik
Lagu yang di edit : BIP-Bintang Hidup
lagu di edit sesuai kebutuhan, tujuannya agar animasi yang dibuat tidak terlalu
panjang
Lagu dipotong pada bagian bagian tertentu sehingga durasi menjadi
2 menit 53 detik
Softwere yang digunakan adalah Cool Edit Pro 2.0
B. Menentukan Scene
Scene yang tentukan disesuaikan dengan lirik yang ada pada lagu untuk menginspirasikan
animasi yang akan dibuat.
Terdapat 9 scene yang telah ditentukan, yaitu :
1. Opening [0.00 -0.24]
2. [0.25 - 0.47] “….tentang cerita .. “
3. [0.48 - 1.00]“… jadi Inspirasiku.., .. smangat hidupku…”
4. [1.00 -1.06] “.. dikala ku sedih ..”
5. [1.07 - 1.13] “…sampai mati tetap setia..”
6. [1.14 - 1.50] “…Kau bintang…, menunggumu..”
7. [1.51 – 2.02] ”…selalu berdiri dibelakang…”
8. [2.03 – 2.16] “ … dikala dipuja dan dihina…”
9. [2.17 - 2.53] “.. kau tetap bintang..” + ending
Objek gambar didapat dari beberapa gambar yang telah di pilih kemudian diedit
menggunakan Adobe Photoshop CS untuk diambil objeknya saja.
Disimpan dalam format GIF transparan agar background tidak tampak pada saat
digerakkan dalam SWiShMax
Scene 1
Efek yang ditampilkan seperti kaca pembeser dengan menggunakan mask pada sprite
zoom
Scene 2
Dengan menggunakan effect move gambar objek seorang wanita digeser
kekanan, sehingga seolah-olah berjalan
Scene 3
Gambar ini sebenarnya tidak terlalu terang, setelah diberi layer putih dengan
nilai alfa yang berubah dari 0% sampai 35 % maka akan tampil effect cahaya bulan
merambat secara perlahan
Scene 4
Objek ditarik dari bawak ke atas dan sekalanya sedikit diperbesar, effect seolah-olah
berjalan maju
Scene5
Gambar yang laki-laki di tampilkan pake effek fade in
Scene 6
Wah.. yang ini panjang banget… Sorry ya.. liat aja file proyeknya
Scene 7
Liat dong ada rumput ijo yang pali depan.. itu digeser dikit ke kiri dan objek
yang lain kearah kanan kecuali gambar ceweknya, maka akan tampil seolah-olah
bergerak 3 dimensi lebih keren lagi kalo ada pohon,sayang pohonnya dah ditebang
sema pembalak liar
Scene 8
Ada objek daun yang seolah-olah bertebaran dari kanan ke kiri.. ini
sih pake effek move biasa
Kalo ini pake efek yang udah dikasih sama swishmax, namanya Wild Turn In
Scene 9
Nah.. dibagian ini yang paling agak sedikit lumayan cape.
Masalahnya bintang dibuat satu per satu, gak pake script kode untuk merandom tampilan bintang.
Sederhana aja,, tapi lumayan..
Satu-satu bintang digeser pake efek move sampai pantas disebut tulisan “The end”
Yang disini sama aja kayak yang di atas tapi tulisannya “SI 2005 NADT” Nadt itu symbol aja kalo animasinya asli buatan
Download PDF
Download file SWI
Download file SWf
0 komentar:
Posting Komentar