yyyyyyyahaaaaa

yyyyyyyahaaaaa

Sabtu, 05 Juni 2010

Membuat Animasi

Software :
- Cool Edit
- Adobe Photoshop CS
- SWiSMax Pembuatan animasi menggunakan swishmax memang mudah terutama dalam hal efek
mengefek karena udah disediain,, tapi untuk animasi yang menggunakan suara di
time linenya gak ditampil grafik suaranya kayak yang ada di flash.. makanya
sedikit sulit untuk ngepasin lagu dengan animasinya.
Disini sudah saya coba untuk ngejelasin secara tahapan.. tapi gak sadar animasi
yang dibuat udah terlalu banyak so ya.. capek juga… Kesimpulannya saya minta maaf banget gak bisa sampe rinci bener..
Ups.. tapi gak usah kecewa, file projeknya udah dilampirin kok beserta softwere
swishmax yang bajakannya.. tapi mesti di instal dulu program SWishmaxnya..
Langkah pembuatan
1. Editing Musik
2. Menentukan Scene
3. Mengedit objek gambar
4. Membuat animasi
A. Editing Musik
Lagu yang di edit : BIP-Bintang Hidup
lagu di edit sesuai kebutuhan, tujuannya agar animasi yang dibuat tidak terlalu
panjang

Lagu dipotong pada bagian bagian tertentu sehingga durasi menjadi
2 menit 53 detik
Softwere yang digunakan adalah Cool Edit Pro 2.0
B. Menentukan Scene
Scene yang tentukan disesuaikan dengan lirik yang ada pada lagu untuk menginspirasikan
animasi yang akan dibuat.
Terdapat 9 scene yang telah ditentukan, yaitu :
1. Opening [0.00 -0.24]
2. [0.25 - 0.47] “….tentang cerita .. “
3. [0.48 - 1.00]“… jadi Inspirasiku.., .. smangat hidupku…”
4. [1.00 -1.06] “.. dikala ku sedih ..”
5. [1.07 - 1.13] “…sampai mati tetap setia..”
6. [1.14 - 1.50] “…Kau bintang…, menunggumu..”
7. [1.51 – 2.02] ”…selalu berdiri dibelakang…”
8. [2.03 – 2.16] “ … dikala dipuja dan dihina…”
9. [2.17 - 2.53] “.. kau tetap bintang..” + ending




Objek gambar didapat dari beberapa gambar yang telah di pilih kemudian diedit
menggunakan Adobe Photoshop CS untuk diambil objeknya saja.


Disimpan dalam format GIF transparan agar background tidak tampak pada saat
digerakkan dalam SWiShMax


Scene 1


Efek yang ditampilkan seperti kaca pembeser dengan menggunakan mask pada sprite
zoom
Scene 2

Dengan menggunakan effect move gambar objek seorang wanita digeser
kekanan, sehingga seolah-olah berjalan
Scene 3

Gambar ini sebenarnya tidak terlalu terang, setelah diberi layer putih dengan
nilai alfa yang berubah dari 0% sampai 35 % maka akan tampil effect cahaya bulan
merambat secara perlahan
Scene 4


Objek ditarik dari bawak ke atas dan sekalanya sedikit diperbesar, effect seolah-olah
berjalan maju
Scene5


Gambar yang laki-laki di tampilkan pake effek fade in
Scene 6


Wah.. yang ini panjang banget… Sorry ya.. liat aja file proyeknya
Scene 7


Liat dong ada rumput ijo yang pali depan.. itu digeser dikit ke kiri dan objek
yang lain kearah kanan kecuali gambar ceweknya, maka akan tampil seolah-olah
bergerak 3 dimensi lebih keren lagi kalo ada pohon,sayang pohonnya dah ditebang
sema pembalak liar
Scene 8


Ada objek daun yang seolah-olah bertebaran dari kanan ke kiri.. ini
sih pake effek move biasa


Kalo ini pake efek yang udah dikasih sama swishmax, namanya Wild Turn In
Scene 9

Nah.. dibagian ini yang paling agak sedikit lumayan cape.
Masalahnya bintang dibuat satu per satu, gak pake script kode untuk merandom tampilan bintang.

Sederhana aja,, tapi lumayan..
Satu-satu bintang digeser pake efek move sampai pantas disebut tulisan “The end”

Yang disini sama aja kayak yang di atas tapi tulisannya “SI 2005 NADT” Nadt itu symbol aja kalo animasinya asli buatan

Download PDF

Download file SWI

Download file SWf

0 komentar:

Related Posts with Thumbnails

etimologi multimedia

Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam Perkembangannya pengajaran, latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan. Menurut Robert Webking , multimedia secara “etimologi “ di artikan sebagai, “multi“ (banyak) “medium“ (prantara media). Dalam bidang informasi multi media memiliki makna yaitu “persekutuan media“ diantara sumber dan pemasukan informasi atau “persekutuan alat“ dengan mana informasi di simpan, ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima (webking.2001: www.alltheweb.com) Munter (1982) menulis bahwa, “alat bantu media dapat memberikan sumbangan yang sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuan mengingat lebih lama dibandingkan dengan kata-kata. Munter menjelaskan bahwa orang paling banyak belajar dan menyimpan memori melalui observasi minimal 85% sedangkan data yang dikumpulkan dan yang disimpan berasal dari penglihatan dan suara bisa melebihi batas normal. Suatu tinjauan mengenai suatu penelitian menyatakan bahwa alat bantu audiovisual (multimedia) meningkatkan pemahaman sampai 200% dalam pengajaran, alat bantu visual meningkatkan daya ingat sekitar 14-38%, dan dapat mengurangi waktu yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan konsep tunggal dalam kegiatan promosi. Satu alasan penting bahwa alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik adalah menarik perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian. Dengan kualitas praga yang luar biasa, warna-warna pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian dan memperbaharui daya tarik gagasan yang disampaikan. Perhatian penuh dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik memiliki “waktu paruh“ yang sangat singkat alat multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimulasi visual dan stimulasi oral. Stimulasi visual dan stimulasi oral akan memberikan kesadaran yang tinggi, intensitas, ukuran yang besar, pengulangan, durasi, warna yang cerah. Istilah psikofisik mengacu pada interaksi proses psikologis dan stimulasi fisik penggabungan faktor-faktor itu dalam bentuk alat bantu multimedia akan sangat membantu mempertahankan tingkat perhatian yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Multimedia juga sangat membantu dalam kegiatan belajar, selain dalam membantu kegiatan promosi, dimana belajar mengajar merupakan hal yang patut di perhatikan dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Dengan meningkatnya sumber daya manusia maka suatu negara dapat di katakan telah maju, dengan adanya multi media system belajar mengajar dapat efektif dan efesien sehingga dengan adanya multimedia belajar dapat berinteraktif.

sing meluan


  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009